Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

Input Dapodik, Operator Sekolah Harus Teliti dan Cermat

Oleh : nakididnep | 12 September 2017 | Dibaca : 112 Pengunjung

Model Sistem Data Pokok Pendidikan (dapodik) maka operator sekolah yang meng-input data harus teliti dan cermat, akurat dan objektif untuk dikirim ke kemendikbud. Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Wayan Sukana, mengatakan dapodik sebuah aplikasi yang perlu dikuasai oleh operator sekolah, sehingga data-data sekolah tersajikan dengan baik.

‘’Seharusnya pada saat operator sekolah meng-input Dapodik maka harus dikawal dengan baik oleh kepala sekolah dan guru yang bersangkutan. Hal itu perlu agar data yang dimasukan itu teliti, cermat, benar dan akurat,’’ ujar Sukana saat membuka pelatihan sistim aplikasi dapodik yang digelar Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, Senin (11/9).

Selama kegiatan mereka mendapatkan berbagai keterampilan terkait Dapodik. Para operator sekolah mulai jenjang pendidikan TK, SD dan SMP/MTs negeri dan swasta ini digembleng lagi, agar bisa bekerja lebih maksimal sesuai bidangnya dan data online yang diup-date secara tepat. ‘’Dapodik merupakan data yang perlu dikelola oleh setiap unit sekolah. Jadi operator sekolah harus menguasai sistim pengisian dapodik secara benar dan tepat,’’ ujarnya mengingatkan.

Dia menerangkan, data dapodik ini menyajikan berbagai data pendidikan di sekolah, termasuk data BOS untuk siswa, fungsional dan sertifikasi guru serta berbagai kondisi sarana dan prasarana pendidikan. Jadi, dalam bahasa lain data dapodik ini ruhnya sekolah.

Karenanya, pelatihan ini sangat penting untuk peningkatan mutu para operator, sehingga dapat terus mengikuti perkembangan, khususnya terkait perbaikan sistem. “Pelatihan ini tujuannya menyempurnakan dapodik dan data online yang diup-date secara tepat,” katanya.

Dengan kata lain, para operator ini nantinya dapat lebih andal dalam melakukan pendataan dan inputing Dapodik. Sukana juga mengharapkan para operator dapat bekerja dengan ikhlas dan sabar untuk membantu para guru dalam hal yang berhubungan dengan Dapodik serta meminta agar data pendidikan yang dihasilkan dari Dapodik merupakan data yang akurat akuntabel dan terupdate, sehingga data tersebut dapat digunakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan pendidikan Kota Denpasar. “Hasil olahannya kemudian dapat segera dipergunakan untuk kemajuan pendidikan,” pungkasnya.


Oleh : nakididnep | 12 September 2017 | Dibaca : 112 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter