Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

Ujian Sekolah SD Digelar Mulai 15 Mei

Oleh : nakididnep | 09 Mei 2017 | Dibaca : 970 Pengunjung

Pelaksanaan ujian sekolah (US) jenjang SD tahun pelajaran 2016/2017 digelar mulai 15 - 20  Mei 2017. Pendistribusian naskah US SD akan dilakukan pada 12 Mei 2017 ke masing-masing UPT Disdikpora Kecamatan.

‘’Persiapan telah dilakukan dengan cermat, mulai dari proses penyusunan naskah soal, pengadaan naskah soal, pembentukan panitia penyelenggara, hingga sosialisasi pelaksanaan US SD,’’ ujar Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Wayan Sukana, Senin (8/5) kemarin.

Sukana mengatakan, dalam US SD ini mengujikan sembilan mata pelajaran. Berbeda dengan SMP yang mengerjakan soal berbeda tiap ruangan, peserta US SD akan mengerjakan paket soal yang seragam atau hanya satu paket soal dalam bentuk multiple choice (pilihan ganda) tiap ruangan ujian.

Dijelaskannya, pada hari pertama sampai hari ketiga diujikan masing-masing satu mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan alokasi waktu 120 menit. Khusus untuk tiga mata pelajaran tersebut, sebanyak 75 persen soalnya disusun oleh guru-guru SD di Kota Denpasar dan 25 persen ditetapkan Kemendikbud yang diambil dari bank soal nasional.

‘’Hasil nilai US untuk tiga mata pelajaran tersebut Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dipergunakan sebagai indikator untuk seleksi penerimaan peserta didik baru di SMP negeri,’’ katanya.

Sementara enam mata pelajaran US lainnya diujikan mulai hari ke empat sampai terakhir, masing-masing dua mata pelajaran tiap harinya dengan alokasi waktu tiap mata pelajaran selama 90 menit. Meliputi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, Agama dan Budi Pekerti serta Bahasa Inggris, dan Bahasa Bali- PJOK. ‘’Untuk enam mata pelajaran tersebut, soalnya disusun penuh oleh tim penyusun soal tingkat Kota Denpasar,’’ ujarnya.

Guna meminimalisasi kecurangan dalam pelaksanaan ujian, teknis pengawasan US SD akan menerapkan sistem silang. Artinya, pelaksanaan ujian di satu sekolah akan diawasi oleh guru-guru pengawas dari sekolah lain. ”Saya berharap, seluruh guru pengawas mengamankan pelaksanaan US SD dari segala bentuk praktek kecurangan untuk menjamin agar hasil US SD benar-benar murni,” kata Sukana.

Sama seperti kelulusan pada jenjang SMA/SMK dan SMP, pada US SD, hak untuk menetapkan kelulusan siswa dari satuan pendidikan sepenuhnya berada di tangan para dewan guru di masing-masing sekolah.


Oleh : nakididnep | 09 Mei 2017 | Dibaca : 970 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter