Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

SDN 1 Renon Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional

Oleh : nakididnep | 21 Desember 2017 | Dibaca : 232 Pengunjung

Penghujung Tahun 2017, Kota Denpasar tidak pernah sepi dari prestasi. Kali ini sekolah SD Negeri 1 Renon Kecamatan Denpasar Selatan, berhasil menorehkan prestasi Sekolah Adiwiyata Nasional.

Dimana penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia RI Siti Nurbaya Bakar diterima langsung koordinator adiwiyata mandala SD Negeri 1 Renon  I Wayan Wawan Priata didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan I Ketut Wisada dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga,  I Wayan Gunawan di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta, pada Kamis (21/12/2017).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara. Ia mengucapkan terimakasih kepada SDN 1 Renon yang meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional. Dengan penghargaan ini Menurut Jaya Negara berarti sekolah telah melaksanakan program yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Denpasar.

Penghargaan ini diberikan bagi bidang pendidikan yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup. Dalam penerapannya bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah,  yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Menurut Jaya Negara, sekolah yang sudah meraih penghargaan dapat tetap konsisten dalam kepedulian dan kelestarian lingkungan hidup.  Diraihnya penghargaan ini agar mampu ditularkan dan diterapkan pada lingkungan rumahnya masing-masing.

“Meskipun masih anak-anak SD, diharapkan agar bisa menjadi teladan mengajarkan orang-orang dilingkungannya untuk menjaga kebersihan,’’ harapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar I Ketut Wisada mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar hampir setiap tahun mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata khususnya Nasional maupun Mandiri. Untuk Tahun 2017 ini penghargaan Adiwiyata Nasional Pemkot Denpasar diraih sekolah yakni SDN 1 Renon. Dimana SDN 1 Renon Denpasar ini sekolah SD satu-satunya yang meraih penghargaan Adiwiyata di Bali. Yang mana sekolah ini telah peduli terhadap lingkungan  selain itu penghargaan ini diraih setelah memenuhi kriteria yang ditentukan.

Diantaranya kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, partisipasi masyarakat dan pengolahan sarana prasarana yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu untuk masuk kriteria sekolah harus ada usaha kesehatan sekolah dan usaha kebersihannya.

Penghargaan ini diberikan bertahap pertama penghargaan tingkat Kota, setelah itu lanjut ke tingkat Provinsi baru naik ke Tingkat Nasional. ‘‘Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional ini merupakan kado akhir tahun Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota Denpasar,’’ ungkapnya.

Koordinator adiwiyata mandala SDN 1 Renon I Wayan Wawan Priata mengatakan, untuk meraih penghargaan ini berbagai upaya telah dilakukan Sekolah SDN 1 Renon diantaranya mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan lingkungan sekolah yang dilakukan adalah pemilahan sampah dan pembuatan kompos. Pemilahan sampah yang dimaksud adalah memilah sampah plastik dan diberikan kepada Bank Sampah sedangkan sampah organik di olah menjadi kompos.


Oleh : nakididnep | 21 Desember 2017 | Dibaca : 232 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
Lomba Tarik Tambang Dalam Rangka HUT Kota Denpasar yang ke-229
Video
Sfarsa OrsChandy
Facebook
Twitter