Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

‘’Try Out’’ USBN SD Diikuti 14.375 Siswa

Oleh : nakididnep | 06 Maret 2018 | Dibaca : 433 Pengunjung

Ujian pemantapan atau try out Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD yang difasilitasi Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, berlangsung mulai Senin (5/3) kemarin. Tercatat 14.375 siswa SD/MI se-Kota Denpasar mengikuti try out, yang hari pertama kemarin mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia.
 
Selama dua jam mulai pukul 08.00 – 10.00, siswa kelas VI SD menghadapi soal-soal try out Bahasa Indonesia. Pelaksanaan try out USBN berjalan lancar. Naskah soal-soal tidak ada yang rusak. Anak-anak tampaknya tidak mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal. ‘’Soal-soal try out dan LJK tidak ada yang rusak, semua kondisinya bagus,’’ kata Kepala SDN 22 Dauh Puri, Drs. Nyoman Repun.
 
Dari 110 siswa kelas VI yang terdaftar sebagai peserta try out USBN, semuanya hadir. Mereka tersebar dalam enam ruangan ujian. Pelaksanaan try out dikondisikan sama dengan USBN. Tiap ruangan ujian diawasi dua guru pengawas, menggunakan pengawas sistem silang dari sekolah lain dalam satu gugus. Di SDN 22 Dauh Puri, misalnya, para pengawasnya berasal dari SDN 9 Dauh Puri, SDN 33 Dangin Puri dan SDN 20 Dangin Puri.
 
Pelaksanaan hari pertama try out USBN di SDN 22 Dauh Puri, dipantau khusus Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. I Wayan Gunawan. Saat itu, Kadisdikpora Wayan Gunawan didampingi Kabid Pembinaan Pendidikan SD, Drs. Ketut Sudana; Kepala UPT Disdikpora Kecamatan Denpasar, Drs. Ketut Sundia; Kasi Kurikulum dan Penilaian, Dra. Ni luh Putu Adi Santini dan pengawas sekolah, Ayu Suarthini.
 
Pelaksanaan try out ini dinilai penting oleh Kadisdikpora Kota Denpasar, Wayan Gunawan, untuk mengukur kemampuan anak didik mengikuti USBN nanti. USBN akan digelar Mei mendatang. Dari pelaksanaan try out USBN ini, pihak sekolah dapat gambaran tentang kemampuan anak didik, untuk selanjutnya dilakukan pengayaan sehingga anak-anak lebih siap menghadapi USBN.
 
Pelaksanaan try out USBN, sambung Wayan Gunawan, disamping bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa, secara psikologis try out ini sangat strategis untuk melatih mental anak menghadapi USBN. Dari hasil try out ini, kata Wayan Gunawan, akan dapat dilakukan pengkajian lebih lanjut.


Oleh : nakididnep | 06 Maret 2018 | Dibaca : 433 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter