Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

6.232 Siswa SMP di Denpasar Ikuti Simulasi UNBK

Oleh : pendidik | 31 Januari 2019 | Dibaca : 157 Pengunjung

Sebanyak 6.232 siswa kelas IX SMP/MTs negeri dan swasta se-Kota Denpasar mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Rabu (30/1/2019) kemarin. Simulasi tahap dua yang dilaksanakan serentak se-Indonesia ini dilaksanakan selama empat hari mulai 28-31 Januari 2019.

Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, mengatakan, jumlah siswa SMP/MTs di Denpasar yang tercatat sebagai peserta UN tahun ini sebanyak 13.133 siswa. Dari jumlah itu, sebanyak 6.232 siswa SMP/MTs tercatat sebagai peserta UNBK, dan 6.901 siswa SMA/SMK tercatat sebagai peserta UNPK (Ujian Nasional Pensil dan Kertas).

Sementara dari sebaran 73 SMP/MTs se-Denpasar, sebanyak 39 sekolah atau 53,42 persen yang siap menyelenggarakan UNBK, terdiri dari 34 SMP dan 5 MTs. Walaupun ada yang mandiri dan ada yang numpang di sekolah yang miliki fasilitas, seperti di SMA dan SMK. Sementara sisanya, 34 SMP atau 46,58 persen belum mampu memenuhi standar penyelenggaraan UNBK atau masih UNKP.

Dikatakanya, kesiapan pihak sekolah termasuk siswa dan sarana juga masih menjadi kendala belum semua sekolah melaksanakan UNBK. Akan tetapi secara pelan-pelan semua didorong UNBK. Pelan-pelan sarananya juga dipenuhi. ‘’Sekolah yang belum bisa menyelenggarakan UNBK lebih dikarenakan karena terkendala sarana dan prasarana. Jadi, perangkat komputer dan sarana lain untuk melakukan penyelenggaraan UNBK belum tersedia di sekolah-sekolah tersebut,” ujar Agung Wiratama.

Meskipun tidak bisa mengikuti UNBK, bukan berarti kualitas hasil ujian terganggu. Pihaknya tetap memfasilitasi dan mendukung ujian secara manual atau UNPK.

Pihaknya belum ada menerima laporan pengaduan pelaksanaan simulasi UNBK dari sekolah penyelenggara UNBK. Untuk itu, ia berharap agar pada waktunya nanti, pelaksanan UNBK yang dijadwalkan April mendatang bisa berjalan dengan baik, karena siswa sudah diuji coba dengan digelarnya simulasi.

‘’Simulasi ini sebagai upaya menyiapkan para siswa agar tidak canggung saat menghadapi UNBK. Sehingga anak-anak tidak grogi nanti, karena sudah dilatih. Harapan kita UNBK nanti berjalan baik dan lancar sesuai harapan kita bersama,’’ ujarnya.

Pelaksanaan UN tingkat SMP dilakukan mulai 22-25 April 2019. Mata pelajaran yang diujikan sebanyak empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.


Oleh : pendidik | 31 Januari 2019 | Dibaca : 157 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
Lomba Tarik Tambang Memeriahkan HUT Kota Denpasar 2014
Video
Lomba Tarik Tambang Dalam rangka HUT Kota Denpasar yang ke-228
Facebook
Twitter